Beranda > # Informasi Obyek Wisata > Potensi Wisata Kabupaten Malang

Potensi Wisata Kabupaten Malang

Sebuah propinsi di Pulau Jawa yang terluas pulaunya banyak sekali obyek wisata yang menarik yang bisa mendatangkan devisa bagi negeri kita. Itu bila dikelola secara profesional. Tidak kalah dengan Pulau Bali dong tentunya.

Yups, bener sekali. Pantai ada, gunung ada juga, wisata religi apalagi. Jawa Timur adalah basis penyebaran Agama Islam ke Tanah Jawa. Bahkan lima dari sembilan walisongo ada di Jawa Timur. Belum lagi wisata pesantren, wisata sejarah dan masih banyak lagi lainnya.

East Java Map (sumber @internet)

East Java Map (sumber @internet)

Dan sehubungan sang penulis mempublikasikan tulisan ini di bulan November yang juga merupakan ulang tahun Hari Jadi Pemkab Malang (tepatnya tanggal 28 November) so…. tulisan ini adalah kado untuk Pemkab Malang (yang pernah menjadikan Kota Wisata Batu sebagai wilayahnya).

Sebelum kita menlusuri obyek wisata di antero Malang Kabupaten, ada baiknya kita menyimak sebuah syair yang baru saya buat tepat esok Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1252 dan di tahun baru Islam 1433 H.

engkau pantas dibanggakan
walau tak pernah unjuk diri berlebih
keindahan yang kau miliki
berbondong-bondong orang datang menjumpaimu
senyum mengembang tiap kali menyapamu
rasa takjub ada di hati kami

kembangkanlah potensi diri yang kau miliki
jangan pernah ada kata menyerah
tuk berikan keelokan dirimu

suara ombak datang bergulung-gulung
iulah keramahanmu sambut yang datang menemuimu
angin semilir membalut dinginnya kota
terhampar hijau alam lestari
akan gunung dan bukit nan menjulang tinggi
masa lalu penuh kenangan
menjadi sejarah dan saksi bisu keberadaanmu
tarian menawan kau persembahkan
membuat orang makin cinta padamu
hatimu…jiwamu… bgitu mulia….
tak lupa kau singsingkan lengan baju
mengajak yang butuh uluran tanganmu
dan, makin mantap menggoyang lidah
hidangan khs sebagai sajianmu
menyambut tamu-tamu agungmu
kebesaran Tuhan sebagai lambang syukur
tlah kau miliki

***SELAMAT HUT PEMKAB MALANG 2 NOV 2011
( 1 MUHARAM 1433 H ) KE-1252

Ya…ya…ya… Komplit wisata d Malang Kabupaten bila kita mau mengelolanya secara profesional. Dan tentu dunia akan mengakuinya.

*** Ombak datang dari banyak pantai di bagian Malang Selatan. Tak kalah dengan Pulau Dewata Bali. Ada Balekambang dengan pura ada tiga di tengah lautan cukup luas. Sendangbiru kita bisa memancing di sana dan pulang oleh-oleh ikan laut yang segar dan bervitamin tinggi. Pantai  Bajul Mati, Ngliyep.

*** Malang Barat dikelilingi bukit dan gunung. Air Terjun Coban Rondo yang dingin n matural (cocok pula buat outbound), Bendungan Selorejo dengann keindahan Pulau Jambunya dan memancing, Rafting Kasembon yang sekarang menjadi rekreasi dan olah raga yang mengasyikkan.
Bila dari Jakarta menuju Bandung ada jalan alternatif yang indah melalui kawasan Puncak, memasuki Kabupaten Malang dari arah Surabaya bila mau kreatif dan profesional bisa dibuat jalan alternatif yang indah pula yakni dari arah Kecamatan Lawang bisa lewati Kawasan Kebn Teh Wonoasri menuju Kota Wisata Batu.

*** Cerita rakyat atau bangunan peninggalan kuno yang mengandung sejarah juga bisa kita jelajahi. Ada Candi Singosari, Candi Badut dan masih banyak lagi historis lainnya yang bisa dikunjungi.

*** Bila di Pulau Bali sering kita dapatkan tari-tarian daerah khas Bali yang hampir setiap hari selalu ada untuk suguhan potensi budaya Indonesia yang kaya, di Malang Kabupaten juga tak kalah menariknya bila kita mau memberikan tari-tarian tradisional khas Malang Raya.

*** Malang Kabupaten tidak hanya menyediakan obyek wisata alam dan budaya, akan tetapi untuk menunjang semua itu dibutuhkan pndapatan asli daerah dari banyak instansi / perusahaan / perindustrian. Selain home industri banyak juga pbrik-prik yang telah berdiri seperti PT Sido Bangun yang mengolah plastik, pabrik Philip Morris dan Bentoel. Semua itu bisa memperkerjakan para pncari sesuap nasi di area Malang Kabupaten.

*** Kuliner. Ini dia yang banyak dicari para wisatawan bila berkunjung ke suatu daerah. Banyak makanan khas dari Malang Raya yang sudah terkenal. Contohnya saja Bakso. Ada di Malang Selatan seperti Bakso Duro. Atau bila Anda dari Kota Wisata BAtu pulang kembali ke Surabaya bisa mampir beli onde-onde di RM HTS Singosari atau kuliner di RM Mini Lawang. RM Pak Sholeh dengan ikan bakarnya di Karangploso. Mau oleh-oleh buah langsep ada di Singosari. Mau borong durian yang super lezat dan bikin lidah gak bisa diam buat nyicipinnya? Silahkan berkunjung ke Ngantang atau Kasembon. Apel, ternyata tidak hanya di Batu saja. Cocok di area Malang Raya dijuluki Kota Apel. Karena masih ada daerah lain penghasil apel yang lezat kaya vitamin. Wilayah Malang Timur, Poncokusumo juga penghasil apel. Bahkan Anda bisa pula mengunjungi Air Terjun yang terdapat pelangi warna warni. So datanglah ke Coban Pelangi dan lanjut prjalanan menuju Gunung Bromo . Indah sekali dari Poncokusumo menuju kecantikan Bromo.

*** Wisata Religi di Malang Raya tak diragukan lagi. Persatuan dan kesatuan antar agama ada di sini. Masjid, pesantren, gereja, pura, vihara sampai klentng ada di wilayah ini. Pesantren yang mengandung cerita khusus Ponpes Binaru ada di Turen, Pesantren Nuur di Bululawang, Pesantren Ilmu Qur’an di Singosari. Gunung Kawi yang banyak orang-orang golongan etnis Thionghoa datang ke sini untuk berdoa.

Yuuk… kita mulai saja perjalanan kita kali untuk keliling Malang Raya (diawali wilayah Kabupaten Malang) suatu daerah yang menjadi pusat kepariwisataan Jawa Timur. Informasi ini bisa menjadi panduan Anda dalam menikmati perjalanan menuju Malang Raya. Bisa untuk menjadi pemberi informasi mengenai Malang Raya yang indah dan kaya potensi wisatanya ke teman-teman atau jaringan kalian.
Buat yang datang dari luar kota blog ini bisa jadi penunjuk jalan.

Dari bagian Barat wilayah Pemerintah Kabupaten Malang, yang lebih didominasi daerah pegunungan. Hawa yang sejuk menambah keindahan panorama alam buat dikunjungi dan menjadi primadona jujugan para wisatawan.

1. KECAMATAN KASEMBON

Rafting paling asyik dinikmati buat jalan-jalan. Benar-benar rileks. Sekarang ini kegiatan rekreasi seperti inilah yang banyak dicari para wisatawan. Bukan mall-mall yang sepulang dari berwisata malah bukan rileks tapi pusing karena uang banyak keluar.
Terletak di Desa Kasembon Kabupaten Malang. Perbatasan dengan Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Dari arah Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu cukup memakan waktu 45 menit atau 45 km dari arah Barat Kota Malang.

Kasembon Rafting sumber @internet

Kasembon Rafting sumber @internet

2. KECAMATAN NGANTANG

Sama seperti Kecamatan Kasembon, kecamatan yang satu ini bisa dibilang sedikit tertinggal. Namun jangan ragu dan kuatir, tempat ini ternyata memiliki obyek wisata yang menarik. Bila di Kasembon telah booming dengan arung jeram / rafting yang mengasyikkan. Di Ngantang selain buah duriannya yang terkenal lezat juga ada sebuah tempat yang perlu dijelajahi yakni sebuah waduk atau Bendungan Selorejo.

Dari arah Kota Wisata Batu / Malang Kota sebelum Kasembon Rafting. Taman wisata ini memiliki berbagai fasilitas seperti Lapangan Golf, Lapangan Tenis, kolam renang, hotel serta tempat berlatih atlet nasional ski air. Untuk mencapai ke Bendungan Selorejo dari Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu cukup 30 menit atau kurang lebih 43 km arah Barat Daya Malang.

Kita bisa naik perahu baik yang dikemudikan dengan mesin atau dayung ke Pulau Jambu. Bisa memetik dan dibawa pulang (harga per kilo langsung ke tempat tersebut). Jangan lupa pula berwisata kuliner dengan makan ikan mujaer atau wader di area taman wisata Selorejo.

Bendungan Selorejo sumber @internet

Bendungan Selorejo sumber @internet

3. KECAMATAN PUJON

Air terjun Coban Rondo merupakan salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Malang, memiliki ketinggian 60 meter terletak di Desa Pandesari Kecamatan Pujon, 26 km dari arah Barat Kota Malang atau sekitar 15 menit dari Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu. Di sekitar air terjun ini dipenuhi pohon-pohon Pinus dan Cemara Gunung yang menjadikan cuaca di daerah ini sangat sejuk. Konon para wisatawan bisa awet muda apabila mandi di air terjun tersebut.
Bila ada yang beranggapan orang yang datang ke Coban Rondo (dalam bahasa Indonesia nya Air Terjun Janda) jangan dipercaya ya… kalau yang datang ke wisata alami ini akan ada perceraian atau pemutusan hubungan kekasih… hehehe…Itu hanya mitos)

Coban Rondo sumber @internet

Coban Rondo sumber @internet

4. KECAMATAN DAU

a. Petung Sewu

Petung Sewu sumber @internet

Petung Sewu sumber @internet

Di tempat ini selain bisa juga dilaksanakan outbound, juga area wisata petik buah yang segar.

b. Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Sengkaling (sumber @internet)

Taman Sengkaling (sumber @internet)

Taman wisata ini merupakan taman rekresi yang banyak digemari oleh anak-anak banyak terdapat aneka permainan, kolam perahu dan mandi air panas. Hanya 30 menit dari Kota Malang ke arah Kota Batu menuju Villa Nova Songgoriti.
Klik info wisata Sengkaling di http://www.wisata-sengkaling.com/

Wilayah-wilayah Malang lain teaplah memiliki potensi yang lebih untuk kita jadikan sbagai obyek wisata.

5. KECAMATAN KARANGPLOSO

jalur alternatif Batu-Surabaya via Karangploso (sumber @internet)

jalur alternatif Batu-Surabaya via Karangploso (sumber @internet)

investasi properti di Karangploso (sumber @internet)

investasi properti di Karangploso (sumber @internet)

Mungkin ini satu-satunya kecamatan yang ada di Kabupaten Malang yang tidak memiliki kawasan wisata khusus. Tapi jangan kuatir, Kecamatan Karangploso ini jalan alternatif aeah Suraabaya – Kota Wisata Batu. Sepanjang perjalanan yang indah karena panorama hijau sawah membuat pikiran dan penglihatan jadi segar. Belum lagi menikmati wisata kuliner di warung Bang Sholeh Cabang Pandaan Pasuruan yang letaknya di pinggir jalan Surabaya-Batu. Karangploso walau kecil wilayahnya namun ini bisa jadi alternatif untuk memiliki investasi perumahan di sini. Dan megurangi tingkat kemacetan arah Surabaya – Batu/Malang. Banyak perumahan dari kelas mewah hingga yang paling sederhana karena hawanya yang sejuk dan tidak bising seperti di kota besar Surabaya. Masyarakatpun ramah.

6. KEC. SINGOSARI

a. Stupa Sumberawan

@SUMBER INTERNET

@SUMBER INTERNET

Sebagaimana yang ditulis oleh Empu Prapanca dalam kitab Neara Kertagama, yaitu Kasuranggan yang artinya Taman Bidadari. Tempat ini biasa disebut “Candi Rawan” yang teletak di Desa Sumberawan, Kecamataan Singosari 16 km arah Utara Kota mAlang atau menit menuju Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu.

b. Candi Singosari

Candi Singosari sumber @internet

Candi Singosari sumber @internet

Candi peninggalan kerajaan Sigosari (abad XIII) dibangun pada masa pemerintahan Raja Kertanegara, raja terakhir. Didirikan bertepatan dengan diselenggarakannya upacara Sradha pada tahun 1300 Masehi. Lokasinya di Desa Saptorenggo, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, yang jaraknya kurang lebih 9 km ke arah Utara dari Kota Malang atau km dari Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu.

c. Pemandian Kendedes

pemandian kendedes sumber foto @internet

pemandian kendedes sumber foto @internet

d. Grebeg Singhasari

grebeg singosari sumber foto @internet

grebeg singosari sumber foto @internet

Grebeg Singhasari, event tahunansejarah perhelatan seni dan budaya lokal yang dikemas secara terpadu dan diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Malang pada tanggal 28 November di candi Singhasari, dan Pendopo Kabupaten Malang dan merupakan pesta rakyat terbesar.

7. KEC. LAWANG

a. Pasar Tadisonal Lawang

Pasar Tradisional Lawang ( sumber foto @internet  )

Pasar Tradisional Lawang ( sumber foto @internet )

b. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari  ( sumber foto @internet  )

Kebun Teh Wonosari ( sumber foto @internet )

Obyek wisata ini menawarkan suasana pegunungan yang sejuk dengan panorama alam pegunungan,salah satu atraks wisata di Wonosari ini ialah memetik teh, untuk diolah sampai proses akhir. Lokasinya di Desa Wonosari Kecamatan Lawang kurang lebih 30 km sebelah Utara Kota Malang (arah menuju Kota Surabaya) atau 35 km dari Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu.

8. KEC. TUMPANG

a. Candi Kidal

Yang khas dari candi ini adalah terpahatny cerita Garuda dari kisah Mahabrata, candi ini memiliki ktinggian 17 m. Letaknya 24 km sebelah Timur Malang, tepatnya di Desa Rejo Kidal, Kecamatan Tumpang. Atau dari Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu kurang lebih 42 km.

b. Candi Jago
Candi ini disebut juga “Jajaghu” merupakan karya seniman kerajaan Singosari, tempat penyimpanan abu jenasah Raja Wisnuwardhana dar Kerajaan Singosari yang mangkat pada tahun 1268. Kurang lebih arah Timur Kota malang atau kurang lebih 38 km dari arah Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu.

9. KEC. PAKIS

a. Wendit Water Park
Kolam wisata air yang telah lamadikenal oleh masyarakat Malang pada umumnya adalah merupakan Kolam Air Alami yang saat ini baru saja diresmikan penggunaannya setelah mengalami perbaikan. Sehingga sangat layak untuk dikunjungi karena tersedia arean bermain untuk anakanak di samping terdapat kera=kera jinak yang sudah turun temurun ada di sana. Letaknya kurang lebih 8 km arah Timur Kota Malang atau 25 km dari arah Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu.

10. KEC. PONCOKUSUMO

a. Gunung Bromo
Apabila menuj Gunung Bromo lewat Desa Ngandas Kecamatan Poncoksumo, akan menemukan pemandangan yangmenakjubkan karena terdapat Padang Savana dengan beraneka ragam rerumputn. Desa Wisata Poncokusumo merupakan darah pertanian buah Apel. Letaknya kurang lebih 50 km arah Timur Kota Malang atau Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu.

b. Coban Pelangi

11. KEC. TUREN
Ponpes Bihaaru

12. KEC. BULULAWANG
Ponpes An Nuur

13. KEC. KEPANJEN
Pemandian Metro & Kanjuruhan.

14. KEC. SUMBERPUCUNG

a. Gunung Kawi / Wisata Reli

Di Pesarean Gunung Kawi ini setiap tanggal 12 bulan Suro (Muharam) selalu diadakan Khol atau Tahlil Akbar untuk memperingti tokoh Karismatik yaitu Raden Mas Imam Sujono. Di tempat tersebut juga terdapat makam Kanjeng Kyai Zakaria H atau Mbah Djoego, kedua tokoh tersebut adalah pengikut setia Pangeran Diponegoro pada waktu berperang melawan penjajah Belanda. Ramai dikunjungi setiap malam Jum’at Lgi. Butuh waktu 1 jam / 40 km arah Selatan Malang atau 1.5 jam arah Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu.

15. KEC. BANTUR

Di lepas Pantai terdapat tiga pulau berjajar ke arah Barat antara lain Pulau Ismoyo, Hanoman dan Wisanggeni. Di tengah Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah Pura yang dihubungkan oleh jembatan sepanjang 11 meter. Tempat upacara “Jalanibagi umat Hindu dan Sran bagi masyarakat nelayan. Terletak di Desa Srigonco Kecamatan BAntur kurang lebih 50 km arah Selatan Kota Malang atau Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu

16. KEC. SUMBERMAJING WETAN

pantai sendangbiru (sumber foto @internet)

pantai sendangbiru (sumber foto @internet)

Watu Lawang Pantai Sendang Biru, setiap tahun diadakan Upacara Petik Laut sebagaiungkapan syukur masyarakat nelayan kepada Sang Pencipta. Pantai Sendnga Biru memilik khas tersendiri. Bisa naik perahu menuj Pulau Sempu. Bisa memancing ikan di laut dan ada tempat pelelanganikan. Anda para pelancong dapat memilii ikan laut yang kaya protein ini. Terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan kurang lebih 70 km arah Selatan Kota Malang atau Villa Nova Songgoriti Kota Wisata Batu.

posting by @NovyWriter (Novy ER)
Bila dari kalian yang mau menambah obyek wisata di wilayah Kabupaten Malang , monggo kirimkan ke

e-mail wisata dan penginapan : er.novy@gmail.com

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.
Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.739 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: