Arsip

Archive for Maret, 2012

BERENDAM DI CANGAR YUK

Wisata ALam Lebih Mengasyikkan 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dari Selecta jangan langsung pulang atau kembali ke penginapan. Tapi cobalah untuk menelusuri ke atas lagi. Di sana akan ada panorama alam yang sebenarnya juga menakjubkan bila potensi daerah ini benar-benar dikemas secara profesional layaknay Pulau Dewata Bali. Ada obyek wisata Air Terjun Coban Talun dan Cangar. Cangar. Jalan menuju ke arah yang berkelok-kelok akan tetapi tidak separah di kawasan Payung yang menuju ke Coban Rondo, Selorejo dan Kasembon Rafting. Cangar ini bisa juga dijadikan jalur altenatif mengatasi kemacetan Porong karena Cangar perbatasan Kota Wisata Batu dengan Kecamatan Pacet Mojokerto. Yang mesti diperhatikan bila Anda melalui jalan tersebut diharapkan benar-benar extra hati-hati karena masih sepi dan bisa jadi rawan kejahatan atau karena jalannya yang mengerikan so pasti driver adalah orang-orang yang sangat berpengalaman mengemudi dalam segala medan. Di Cangar ini, tiket masuknya murah meriah lho. Kita bisa berendam di air panas yang mengandung belerang yang konon dapat menymbuhkan penyakit seperti rematik dan pegal-pegal.. Di obyek wisata yang lokasi tepatnya ada di Dusun Cangar Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Wisata Batu ini kita bisa pula menikmatib ana wisata air terjun Coban Talun yang bisa pula untuk tempat perkemahan dan outbound. Tuhkan, di mana-mana wisata area Kota Baatu banyak tempat melakukan outbound. Outbound memang lebih tepat di daerah pegunungan. Pokoknya sip banget dech jalan-jalan ke wisata alam. Tidak banyak konsumtif kecuali biaya tiket masuk yang murah dan oleh-oleh khas seperti Sari Apel JAWARA. By the way, di Cangar Anda bisa mencoba mencicipi tape ketan ireng yang enak tenan. Tentu saja ini bukan gratisan lho melainkan beli di penjualnya. Hehehe… Ooh wisata alam Kota Batu dan Malang Raya, kami semua rindu suasana wisata seperti ini. Selecta, Songgoriti, Coban Rondo, Rafting, Beendam di Air Panas Cangar maupun Songgoriti. Tapi mengapa banyak dilupakan/ Mengapa lebih banyak yang ke tempat-tempat konsutif seperti mall-mall? Atau ke tempat-temapat buatan manusia yang sekarang jarang ditumbuhi pepohonan untuk menepis kebanjiran bila hujan datang tiba-tiba dengan cuaca ekstrim seperti ini?

Salam,

Novy ER 19032012

NOSTALGIA SELECTA 2

Kota Wisata Batu dan area Malang Raya memiliki cikal bakal sebagai tujuan wisata yang menarik karena adanya Selecta dan Songgoriti. Keduanya memiliki keistimewaan tersendiri. So, jangan lupa untuk mengunjungi dua obyek wisata itu.

Selecta, adalah sebuah tempat wisata yang legendaris di wilayah Batu dan Malang Raya.

Selecta, oh Selecta. Bukit hijau indahnya dinikmati dan jadi tempat tujuan utama menuju Malang Raya terutama kota Wisata Batu. Pilihanku pilihan kalian semua para wisatawan. Dari atas sana terlihat begitu indahnya Kota Wisata Batu. Diiringi hawa dingin yang menusuk ke dalam diri setiap insan yang berkunjung. Membuat pikiran jadi fresh dan segar kembali setelah berhari-hari berkutat dengan segala dan berbagai aktivitas yang menumpuk.

Bagi anak-anak tentu akan menjadi kenangan yang tak terlupakan karrena di Selecta banyak sekali disuguhkan permainan anak. Belum lagi yang belajar berenang di air yang sangat dingin. Eits, jangan salah sekarang ada water park kecil juga lho. Buat yang lagi dilanda asmara Selecta merupakan pilihan terbaik buat memadu kasih yang ditemani bunga-bunga cantik tertata apik di sini.

Mungkin bila diperbolehkan memetik sedikit bunga cantik itu, Sang Arjuna sudah memetiknya buat Sang Adinda yang menemaninya saat itu. Diselipkan di salah satu telinganya menambah kecantikan sang bidadari yang disayanginya. Wow, romantis.

Ibu-ibu dan kaum perempuan yang doyan belanja jangan kuatir pula, di Selecta juga ada pasar wisata yang menjual berbagai kebtuhan selain bunga-bunga nan cantik dan oleh-oleh khas dari Kota Wisata Batu, Malang Raya.

Sang Arjuna : Dek, Selecta ini sungguh berkesan ya. Indah cantik seperti aku yang tak bosan-bosannya memandang kecantikanm. Kesejukan hatimu membuatku nyaman bersamamu. (Rayu sang kkasih halal ketika berkunjung ke Selecta).

Sang Adinda : Hmmm… kalau merayu emang Mas jagonya.

Sang Adinda tersipu malu.

Sang Arjuna : Saat masih kecil aku ska banget bersama mama papa ke sini.Berenang, duh dinginnya minta ampun dech. Tapi puas banget. Saat aku remaja juga sering datang ke Selecta bersama teman-teman hingga kutemukan cintaku di sini. Selecta penuh kenangan.

Sang Adinda : Aku jarang banget ke sini. Tap sekali ke sini aku langsung dapatkan cinta terakhirku. Aku seneng banget ke Selecta seperti senengnya hatik bertemu kamu di Selecta ini, Mas.

Selecta dulu yang cantik. Selecta sekarang makin cantik. Karena kolam renang tidak hanya satu tempat saja, melainkan ada lai wahana water park yang airnya tidak telalu dingin. Taman bunga yang makin apik tertata, taman bermain anak yang tidak sekedar ayunan, outbound, flying fox, sepeda air, arena berkuda Goa Singa,dan akuarium dengan aneka jenis air tawar semaki memanjakan kunjungan wisatawan dari berbagai usia.

Selecta memang tujuan wisata favorit.

Salam,

Novy ER 19032012

Di Puncak Hijau, Nostalgia SELECTA

***SELECTA MENJADI KENANGAN TERINDAH***

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sudah lama menjalin kasih dan biasanya mereka mengisi berdua dengan kuliner di setiap sudut kota Surabaya atau ke luar kota tapi yang nggak perlu acara menginap berdua. Karena dari Sang Adinda sudah diwanti-wanti ortu agar bisa menjaga image untuk tidak berduaan yang memerlukan waktu berduaan dengan bermalam.
Atau sekedar jalan-jalan ke obyek wisata agar  pikiran jadi segar, tak ada beban dan rasa yang buruk-buruk muncul di dalam hubungan dua sejoli itu.  Hmm.. romantis juga mereka.

Kali ini Sang Arjuna ingin mengajak Sang Adinda jalan-jalan kembali setelah lama mereka tidak pergi ke luar kota karena kesibukan  kuliah mereka yang menyita waktu.
Tujuan daerah pegunungan, ke Kota Apel Batu. Lama tidak berkunjung. Terakhir mereka pergi ke Coban Rondo dan hanya setengah hari saja.  Mereka memilih Batu karena memang ingin mendinginkan suasana segar. Tapi sekarang ke mana ya?  Setelah browsing, pilihan jatuh ke Selecta. Kebetulan keluarga Sang Arjuna  juga pengin berlibur ke Batu. So.. acara bermalam di villa pun jadi jujugan juga.

Sang Kakak Arjuna  : Kita nginep di villa Songgoriti aja. Aku ada reservasi villa yang pemiliknya dari keluarga baik-baik. Dia ramah lagi.
Sang Papa : Boleh tuh. Coba kamu yang kontak. Jangan yang mahal-mahal dan tempatnya yang strategis lho.
Sang Kakak : Beres dech Pa… Aku dapat rekomendasi dari teman-teman yang sudah sering ke sana, nggak bakalan menyesal. Selain ramah, tempat okay, ada tempat sholat juga.

Sang Kakak yang ingat bahwasannya villa yang akan disewa tersebut sudah banyak nongol di halaman-halaman internet, so mereka ingin tahu juga ingin tau seperti apa sih kok banyak banget warga Surabaya yang sudah sering bermalam di sini. Bahkan melalaui penulisnya katanya akan dapat informasi tenatng obyek wisata yang juga di wilayah Batu dan Malang. Jadi penasaran juga  ingin tahu seperti apa.
Bener juga, saat Sang Kakak dan Sang Arjuna mengetik nama Cari Villa di Songgoriti pada situsnya mbah Google, ada nomor telpon dan alamat blog yang mereka datangi.

Dengan seksama membaca semua tulisan-tulisan wisata Malang Raya, Sang Arjuna tertegun dengan publikasinya yang menyatakan bahwasannya bagi wisatawan yang akan mempergunakan villa kami sebagai ajang yag tidak benar akan langsug dapat ganjaran dari Tuhan. Karena tulisan tersebut adalah mengandung doa juga.. Dengan tegas pula, si penulis mengajak untuk tidak mempergunakan penginapannya sebagai ajang mesum atau bandar narkoba memalukan. Wow, benar-benar sang penulis yang beragama dan berakhlak islamiyah.
Sang Arjuna : Mas, aku nggak boleh pesan kamar khusus buat berdua dengan Sang Adinda ya?
Sang Kakak : Iyalah, memang kamu mau jadi kualat setelah melanggar tulisan-tulisan Novy ER?
Sang Mama : Siip.. Mama setuju banget. Kita jadi langganan aja di villa.. Apa ya namanya itu?
Sang Kakak : Villa Nova.
Sang Mama     : Ya Villa Nova. Mama ingin kenal langsung dan dekat dengan yang penulisnya bernama Bu Novy. Dia religi banget ya. Jarang sekali orang yang mempromosikan barang dagangannya dengan kata-kata yang bijak seperti itu. Hmm.. bagus banget blog nya.

Malam Minggu yang ditunggu-tunggu tiba juga. Alhamdulillah perjalanan  Surabaya – Malang lancar. Porong sendang tidak macet. Lagi bersahabat. Cuaca pun juga bersahabat. Mungkin ini karena mereka juga  akan menyewa di sebuah penginapan sederhana milik keluarga beragama. Bahkan dari penulisnya mereka dapat informasi  bila ingin menikmati hijaunya alam yang membuat segar mata dan pikiran yak e pastinya ke Selecta. Tidak jauh juga dari dari kawasan Songgoriti.
Tiba di penginapan mereka siang hari jam dua belas. Makan bakso, sate langsung mereka pesan. Karena di seputar villa  sudah ada warung sate dan tawaran bakso Malang yang enak sekali. Tiada duanya dech.
Istirahat, mandi-mandi, sholat, makan-makan, berkaraoeke atau jalan-jalan ke Pasar Wisata Songgoriti.

Malamnya dilanjut ke BNS karena mereka ingin tahun. Sudah lama tidak pergi ke Batu, sudah lmatidak berkunjung ke obyek wisata. Ingin menikmati wisata malam hari yang sering menjadi obrolan banyak orang bila ingin berwisata ke Batu dan Malang, jangan lupa singgah ke BNS. Acara malam hari yang keren. Karena dinikami bersama keluarga, permainan pun juga bukan hal-hal yang menyesatkan seperti di dugem. DI BNS banyak atraksi  menarik, wahana permainan anak-anak dan dewasa yang bisa menguji adrenalin. Mau kulier juga terseda food court. Bahkan ada Tahu Kriuk di sana yang lezat.
Pulang dari BNS, Sang Adinda dan kekasihnya tidak turun di penginapan  tapi mereka  melanjutkan perjalanan berdua ke kawasan Payung di atas lembah Songgoriti.
Sang Arjuna : Ma, aku kangen jagung bakar di Payung. Aku ke sana dulu ya.
Sang Mama  : Bole, bole, tapi jangan malam-malam pulangnya.
Sang Adinda yang dari keluarga biasa dan jarang banget yang namanya travelling ia memang rtidak kenal dengan Payung kecuali kali pertama ke Coban Rondo beberapa tahun silam. Sang Arjuna yan suka banget ke Payung apalagi dia juga punya kenangan tersendiri bersama mantan-mantan pacarnya, menjelaskan kalau di Payung tuh banyak orang-orang menyajkan makanan sepertijagung bakar, roti bakar dan bakso. Sembari melihat suasana malam hari dari atas Payung mleihat panorama Kota Malang dan Batu.

Keesokan harinya…

Mereka tidak berenang di Songgoriti, tapi seperti tujuan semula, ingin ke Selecta. Menikmati puncak ketinggian Batu dari Selecta. Dinginya berenang di Selecta. Bunga-bunga yang cantik. Ooh Selecta, tempat ini memang tempatyang layak dijadikan favorit  berwisata . Terletak di Desa Tulungrejo Kota Batu. Bahkan dari arah Surabaya ke Batu melalui jalur alternatif Kecamatan Karangploso akan bertemu pertigaan Bendo sebuah tempat cucian mobil Kota Batu langsung belok kiri. Di sepanjang jalan menuju  Selecta  nggak bakaan bosan karena  banyaknya buga-bunga cantik yang terawatt inda di pinggir-pinggir jalan. Bagi yang menginginkan bunga-bunga cantik itu bisa membelinya. Harganya pun relative murah. Selecta yang memiliki ketinggian dari permukaan laut 1150 meter dengan suhu udara berkisar antara 15 hingga 25 derajat celcius.  Wow dingin banget ya. Selecta juga memiliki bangunan bersejarah di mana Presiden Soekarno suka sekali menginap di sini.

So, tunggu apalagi bila Selecta adalah puncak favorit wisata menuju Batu dan Malang Raya di samping  wisata malam hari BNS?

Penulis,
Novy ER
Twitter @NovyWriter
(Cerita Mini di atas hanyalah ilustrasi sebagai sarana publikasi yang berbeda  dengan yang lainnya)

Cerita Mini (Cermin) : Nikmati Lembah Wisata

Dari sebuah cerita inspiratif buat kalian yang pengin jalan-jalan ke Kota Wsiata Batu ..

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Keluarga kecil yang suka banget dengan perjalanan wisata. Rileksasi dari kejenuhan rutinitas. Terkadang menikmati sunrise dan keindahan Gunung Bromo yang memang cantik, terkadang pula melatih an memicu  adrenalin kita dengan datang ke tempat rafting, flying fox. Ada banyak cara dilakukan oleh seorang Papa buat anak-anaknya yang kebetulan Sang Mama  juga tidak bisa tinggal diam aja tanpa melakukan rekreasi.

Suatu kali Mama bilang ,”Rekreasi jangan ke mall. Udah bosan malah pulang-pulang bukannya fresh tapi pusing uang habis buat shopping. Capek dech…”

Anak pertama yang kelas dua SMP sepakat bilang, ” Bener sekali, Ma. Minggu besok kita ke mana nih rencananya?”

Anak kedua yang kelas empat tapi paling suka banget yang berenang hingga tahan beberapa jam mengusulkan, “Kita berenang aja ke Batu, Malang”

Diskusi kecil-kecilan tentang rencana jalan-jalan akhirnya sang pemimpin keluarga memutuskan mereka akan menikmati alam Batu dan Malang. “Okay dech, malamnya kita ke BNS dilanjutkan besoknya kita berenang di Songgoriti aja dan pulangnya mampir Kebun Teh Wonosari Lawang..”
“Lha kuliner ke mana untuk rencana jalan-jalan besok, Pa?” Mama tak mau ketinggalan soal makannya.
“Mama ini soal makan so pasti nomer satu. Nggak mau ketinggalan. Ya udah kita nginep di villa aja, Mama yang masak-masak, kita berenang. Kan Mama juga nggak pernah ikutan berenang kan?”
“Wah.. nggak di rumah, nggak berlibur Mama bagian dapur terus yaa.. Tapi it’s okay .. Mama siap. Kita mau nginep di mana nih?”

Laptop ada di antara mereka.
Modem pun siap meyangkan acara browsing mereka yang mencari sebuah penginapan di area Batu, Malang. Tangan si anak pertama yang memegang mouse berhenti dan menujukkan serta meng klik sebuah situs sebuah penginapan sederhana.
Mereka membaca bareng-bareng.

“Lha ini yang Papa suka. Sebuah informasi menarik. Villanya asik juga tuh. Gimana, apa kita menginap di sebuah villa Songgoriti ini?” tanya Papa meminta persetujuan.
“Hmm.. boleh, boleh Pa. Mama juga suka. Lihat tuh, penulisnya banyak menyajikan informasi berharga tentang wisata di Malang Raya, mana vilanya milik orang Muslim lagi. Ada Mushollanya juga. Yuk telpon buat reservasi ya.”

Setelah kesepakatan akhirnya mereka senang dengan sebuah situs blog milik seorang yang tulisan-tulisannya menarik dan banyak yang menyukainya karena lebih mengajak pula menjauhkan diri dari hal-hal negatif. Hmm.. sebuah villa sederhana yang amanah. Lokasi strategis pula.

“Halo, bersama Bu Novy ER ya?Saya dan keluarga sudah membaca tulisan-tulisan Anda. Menarik sekali. Bermanfaat. Dan kami sekeluarga sangat tertarik untuk menyewa di Villa Anda. Bisakah untuk menginap weekend besok?”
“Kebetulan bisa, Pak. Butuh berapa kamar ya?”
“Kita keluarga kecil saja, Bu. Butuh dua kamar cukup.”
“Baik Pak, ini ada dua kamar tidur, dua kamar mandi, lengkap DVD buat karaoke bareng  keluarga dan dapur juga ada.

Sepakat. Transaksi dimulai.

“O ya Bu, ngomong-ngomong kami sekeluarga benar-benar kagum lho dengan informasi dari Bu Novy ER. Apa benar itu villa ibu sendiri? Dan ibu sendiri yang menuliskan artikel-artikelnya?”

“Sebelumnya makasih banget  atas atensinya, Pak. Memang benar itu villa keluarga kami. Dan kebetulan Allah SWT kasih keistimewaan buat saya menyukai dunia travelling dan IT sekaligus menulis sejak masih bayi, hehe… Semua blog itu saya yang buat Pak. Hanya dibantu sama Tuhan yang membimbing saya lancar menulis.”
“Great. Boleh belajar nih dari Bu Novy?”
“Sekali lagi thanks a lot. Saya juga masih belajar menulis dan menyampaikan informasi yang bermanfaat. Saya ingin villa kami penuh rahmad dan barokahNYA.Amin,” sang penulis mencoba merendahkan diri. Tak mau mencoba takabur.
“Okay dech, Insya Allah saya akan jadi customer tetap Ibu Novy. Senang sekali bisa bertemu dengan penulis sekaligus yang punya.Nggak melalui calo lagi ya bu.”

Malam Minggu yang ditunggu telah tiba. Keluarga dari kota metropolis Surabaya itu  pun siap berangkat jalan-jalan ke arah Kota Wisata Batu. Buat menghindari kemacetan di Porong yang entah kapan ada penyelesaiannya, karena kasihan sekali para wisatawan yang hendak pergi ke arah Malang maupun Prigen, mereka berangkat pagi. Mampir keMuseum Satwa dulu buat anak-anak mengenal hewan-hewan di sana. Pulangnya istirahat sembari makan bakso di sekitar villa Songgoriti.
Tidak tahunya sang reservasi villa pun telah siap menyambutnya dengan senyum ramah.

***JALAN-JALAN KE LEMBAH SONGGORITI***

by @NovyWriter (Writer & Tourism) 02032012

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.762 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: